Terobosan Digital, Universitas Muhammadiyah Purwokerto Ciptakan Game Edukasi Mitigasi Bencana - HARIANMERDEKA

Terobosan Digital, Universitas Muhammadiyah Purwokerto Ciptakan Game Edukasi Mitigasi Bencana

BNPB mengapresiasi adanya Game  Edukasi Mitigasi Bencana dari tim Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah di Aula AK Ansori, Selasa 6 April 2021 /Fikes UMP


HARIANMERDEKA.ID,Purwokerto-Bekerjasama dengan University Technology Petronas Malaysia, tim dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) ciptakan game edukasi mitigasi kebencanaan. 


Game  ini merupakan salah satu terobosan baru diera digital dalam mensosialisasikan dan melakukan pembelajaran terkait dengan mitigasi kebencanaan. Mengingat wilayah Indonesia berada di zona bencana. Hal tersebut disampaikan oleh kata Susana Widyaningsih, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UMP yang juga salah satu anggota tim pembuat game edukasi bencana saat dihubungi ,Selasa (6/4/2021).


"Tujuan utama dalam permainan itu adalah bagaimana menyelamatkan diri sendiri dalam game utama. Yang kami tampilkan itu adalah gempa bumi dan banjir, di situ pada detik detik awal bencana terjadi, tidak sekadar lari, tetapi lari menyelamatkan diri sambil melakukan tindakan tindakan yang bisa meminimalisir korban. Misal sudah terjadi bencana kan tidak langsung dapat pertolongan, mungkin membutuhkan waktu sekian jam, sekian hari bahkan sampai mendapatkan pertolongan," terangnya.


Lebih lanjut kata dia, jika tujuan awal pembuatan game bernama 'Diamone-Nusantara' (Disaster Mitigation Education) ini adalah melalui program joint riset atau join penelitian antara UMP dengan Universitas Teknologi Petronas Malaysia. Di mana yang melatarbelakangi pembuatan game ini, adalah bahwa Indonesia merupakan laboratorium bencana. Sementara di Banyumas khususnya belum ada Game Online Edukasi Mitigasi yang berbasis virtual reality (VR).


Diketahui, Fakultas ilmu kesehatan terutama program keperawatan join di komputer programing untuk membuat media pembelajaran dalam game online yang proyek penelitiannya dimulai sejak 2019 hingga akhir 2020.


"Kami punya visi bagaimana menciptakan pembelajaran yang inovatif yang tidak hanya konvensional di kelas dengan PPT, dengan video tetapi dengan media yang lebih interaktif dan juga entertaining, keluarlah game edukasi yang digabungkan dengan konsep kesehatan. Timbul idenya bagaimana membuat game pembelajaran mitigasi bencana," ujarnya.


Dia menjelaskan jika model permainannya yang paling utama adalah untuk survival diri sendiri. Di antaranya terdapat gempa bumi, banjir, tsunami dan adapula kombinasi gempa bumi disertai banjir serta permainan drone.


"Tujuan permainan drone itu beda dengan survival diri tadi, kalau drone si pemain itu mengendalikan drone untuk mendroping survival kit ke korban-korban yang ada di suatu wilayah kota," ucapnya.


Selain itu, dalam game yang dikembangkan oleh tim dosen dari UMP dan University Technology Petronas Malaysia ini juga mengambil sisi kearifan lokal wilayah Kabupaten Banyumas. Di antaranya seperti kondisi alam, pegunungan, bentuk rumah di desa desa serta lingkungan perkotaan Purwokerto yang dibuat semirip mungkin.


Meskipun menggunakan demografi wilayah Banyumas, secara umum, Susana menyebut jika permainan ini dapat dimainkan di mana saja, karena lebih pada permainan lingkungan atau kawasan rumah yang dapat diterapkan di segala tempat.






0 Komentar

Posting Komentar
DMCA.com Protection Status Seedbacklink Banner BlogPartner Backlink.co.id Yusfi Wawan Sepriyadi is an Intellifluence Trusted Blogger