Remojong Brebes Rayakan HUT Ke-3, UMKM Brebes harus Bangkit dan Go International

 

Foto: Semut Brebes

Genap 3 tahun usia UMKM Remojong Adab Brebes 19 Agustus 2021 lalu, dirayakan pada hari ini, 29 Agustus 2021. Acara sederhana namun kaya dengan sejuta gagasan serta langkah konkrit membuat seluruh UMKM yang tergabung didalamnya sangat bersatu dan kompak. Perayaan dilakukan di Puti Garden yang berlokasi di Sitanggal Kab. Brebes. Dengan aturan ketat protokol kesehatan, seluruh perserta yang hadir dengan sadar mengenakan masker dan menerapkan aturan demi terhindar virus.

 

“Kurang lebih dari seribu dua ratusan UMKM yang telah bergabung pada paguyuban Remojong Adab Brebes ini, namun kami sengaja batasi jumlah peserta yang hadir yakni maksimal enam puluhan orang saja sebagai perwakilan.” Jelas Hendrik Sucipto selaku Ketua Cabang.

 

Melalui paguyuban tersebut pula sering dilakukan pelatihan dan penyampaian pengetahuan perkembangan pasar juga mengenai tentang pentingnya sebuah legalitas usaha. “Dengan adanya legalitas sebuah usaha diharapkan mampu mendorong produktifitas dan pemasaran yang tdak hanya pasar lokal saja tetapi juga mampu nasional bahkan Go Internasional.”

 

Dalam acara tersebut para anggota yang hadir menyampaikan harapan-harapan kedepan agar adanya peran aktif Pemerintah Daerah agar lebih fokus lagi dalam membantu menfasilitasi kebutuhan-kebutuhan UMKM di Brebes, terutama wadah untuk pemasarannya.

 


“Coba kita lihat di daerah Pati mas, disitu ada Mart yang lokasinya ditengah-tengah Kota, yang  menampung segala produk UMKM lokal mereka mulai dari kuliner sampai dengan kerajinan tangan atau handycraft. Kami juga siap misal nanti Remojong ini diminta gagasannya terkait kemajuan UMKM Brebes oleh Bupati, kita duduk bareng diskusi, karena yang mengerti betul perkembangan pasar dan usaha adalah para pelakunya.” kata Hendri bersama para anggota.

 

Terkait dampak pandemi, Hendrik juga menjelaskan ternyata banyak yang belum mengetahui bagaimana cara agar dapat bantuan dari pemerintah pusat. Maka dari itu, remojong memberikan edukasi mengenai hal tersebut. Selain edukasi, remojong melalui pengurus-pengurusnya juga memberikan motivasi agar tetap semangat untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi.

 

“Remojong juga mengajak kerjasama perbankan baik BUMN maupun swasta agar mau meberikan bantuan kredit usaha dengan kemudahan untuk para UMKM. Alhamdulillah Bank BRI dengan KUR nya kemarin-kemarin banyak anggota yang akhirnya mendapat manfaatnya” pungkasnya.   

0 Komentar

Posting Komentar
HarianMerdeka Network mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.Kirim lewat WA Center: 085951756703
DMCA.com Protection Status