18 Capraswika Jalani Diklat, Ini Harapan Pamong Sakawira Kartika Koramil Slogohimo


HARIANMERDEKA. ID, Wonogiri - Bertempat Halaman Pendopo Kecamatan Slogohimo telah berlangsung Upacara Apel pembukaan Diklat 4 Sakawira Kartika Koramil 22/Slogohimo, Yang di ikuti sangga kerja Koramil 14 Jatisrono, Koramil 19 Purwantoro Dan Koramil 22 Slogohimo, Jumat (11/2/2022). 


Dalam kesempatan tersebut Serda Awaludin sebagai Pamong Sakawira kartika Koramil 22/Slogohimo Menyampaikan bahwa di adakanya diklat ini merupakan upaya pemberdayaan sumber daya manusia khususnya generasi muda melalui wadah Saka Wira Kartika, yang merupakan bagian dari pendidikan bela negara.


Dimana kegiatan ini bertujuan membentuk dan membina generasi muda agar memiliki kepribadian yang luhur, berkarakter yang kuat sehingga pantang menyerah, disiplin dan bekerja keras sehingga menjadi generasi muda yg inofatif, kreatif, dan kompetitif pada masa yang akan datang. 


Di tempat terpisah, Kpt Inf Prahwoto selaku Danramil 22/Slogohimo mengatakan, Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat Nasional. 


“Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela Negara, melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Tuturnya.


Layaknya pada Satuan Karya Pramuka lainnya, anggota Saka Wira Kartika disyaratkan seorang Pramuka Penegak atau Pramuka Pandega baik putera dan puteri, yang menjadi anggota gugus depan di wilayah cabang atau ranting dimana Saka Wira Kartika itu berada.


Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program Kerja TNI AD Bidang Teritorial yang bertujuan membina generasi muda, agar mempunyai kegiatan positif sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif serta dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbhakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Serda Mesak bersama Serda Maikel, Instruktur, Sangga kerja serta Capraswika berjumlah 18 orang. (Gat) 


Sumber: Pendim 0728/Wng)

0 Komentar

Posting Komentar