Satbrimob Polda Banten Gelar Latihan Rappeling di Tower Wira Satya

 

HARIANMERDEKA. ID-Banten– Satuan Brimob Polda Banten menggelar latihan Rappeling yang di ikuti oleh Bintrara dan Tamtama Remaja di Tower Wira Satya Satbrimob Polda Banten pada Kamis (10/03).


Rappeling merupakan kegiatan turun dari
ketinggian menggunakan peralatan mountaineering seperti karnmantel, tali body, figur, karbiner dan alat-alat semacamnya. Biasanya kegiatan rappeling ini banyak dilakukan oleb militer, tim SAR, pencinta alam untuk menuruni medan yang curam.


Komandan Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho mengatakan latihan ini dilaksanakan secara rutin untuk mengasah keterampilan anggota. “Bencana bisa datang kapan saja dan dimana saja, maka kesiapan anggota dalam menghadapi situasi apapun kita asah secara terus menerus,” katanya.


Menurutnya, selain tugas rutin pengaman dan patroli, anggota Brimob harus memiliki teknik dasar dalam bertindak taktis jika ditugaskan untuk pertolongan berbahaya seperti kebakaran di gedung-gedung bertingkat, hingga bencana banjir atau musibah kapal penumpang yang tenggelam.


“Setidaknya, kemampuan teknik penyelamatan akan berguna khususnya bagi diri sendiri yang artinya, anggota juga perlu memperhitungkan keselamatan dirinya dan orang lain yang diselamatkan, guna meminimalisir jumlah korban akibat kecelakaan dan bencana,” ujarnya.


Dwi Yanto juga mengakui, meskipun latihan ini cukup menguras tenaga, namun sudah menjadi kewajiban sebagai anggota Brimob untuk selalu mengamankan, mengayomi dan menyelamatkan korban dari kecelakaan dan bencana dengan cepat. 


“Yang tidak kalah penting di latihan ini adalah untuk melatih mental dan fisik anggota agar selalu siap menghadapi medan yang paling sulit untuk di taklukan,” tutup Dwi Yanto. 

0 Komentar

Posting Komentar
HarianMerdeka Network mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.Kirim lewat WA Center: 085951756703
DMCA.com Protection Status