Berkah Ramadhan, Bansos Cair 900 Ribu/ Penerima akan Dibagikan

 


HARIANMERDEKA.ID, Jakarta-Jelang lebaran Idul Fitri 1443 H, Pemerintah memastikan akan mencairkan dua bantuan sosial sekaligus untuk tiga bulan. Sehingga, nantinya bantuan yang akan diterima masyarakat bisa mencapai Rp 900 ribu per penerima bantuan. 

Untuk bantuan tersebut yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng. Kedua bantuan tersebut nantinya akan dibagikan pencairannya jelang lebaran sekaligus.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengemukakan keputusan tersebut dilakukan untuk meminimalisir risiko inflasi terhadap masyarakat.


"Untuk tiga bulan ke depan diberikan untuk April sekaligus sehingga mereka yang mengalami kejutan inflasi tidak mengalami kontraksi yang berlebihan," kata Muhadjir dalam keterangan resmi, seperti dikutip Senin (18/04) dikutip harianmerdeka dari CNBCIndonesia. 


Sebagai informasi, besaran BLT minyak goreng yang diberikan adalah Rp 100 ribu per bulan selama tiga bulan selama periode April - Juni 2022. Jika dirapel dalam satu kali pencairan, maka bantuan yang diterima mencapai Rp 300 ribu.


Sementara itu, besaran bantuan BPNT yang diterima per keluarga penerima manfaat (KPM) adalah sebesar Rp 200 ribu per bulan. Dengan demikian, maka pencairan bantuan tersebut kepada masyarakat bisa mencapai Rp 600 ribu.

Muhadjir meminta agar penyaluran bansos tidak disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab dan kerap mengambil keuntungan secara sepihak. Muhadjir meminta bantuan bisa dipercepat.

"Jangan mencoba untuk mengambil hak mereka yang tidak mampu, itu sangat tidak dibenarkan oleh ajaran agama maupun peraturan undang-undang," kata Muhadjir.***


0 Komentar

Posting Komentar