Jelang Lebaran, Ludes Terjual 1.83 Juta Tiket Kereta Api

 

Foto: doc Ditjen Perkeretaapian

HARIANMERDEKA. ID, Jakarta- Jelang Hari Raya Idul Fitri 2022, PT KAI (Persero)  mencatat,  sebanyak 1.83 juta tiket penumpang kereta api sudah terjual selama H-10 sampai dengan H+10 baik antar kota maupun perkotaan.

Saat ini total penumpang kereta api antar kota sebanyak 1,52 juta atau sebesar 62,3% dari kapasitas yang tersedia untuk kereta api kelas ekonomi. Sedangkan untuk kereta api kelas binsis tersisa sebesar 30,1% dari kapasitas yang tersedia.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirlalin & Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal.


"Total penumpang 1,52 juta dari 62,3% kapasitas disiapkan. Ini kursi yang kami siapkan. Lebih banyak kereta ekonomi yang kita operasionalkan," papar dia dalam Media Gathering, Senin (25/04).

Diketahui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan memprediksi sebanyak 85,5 juta masyarakat berencana untuk melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2022. Volume pergerakan saat arus mudik Lebaran 2022 diperkirakan meningkat 40% dibandingkan dengan volume mudik di masa pra pandemi Covid-19 pada tahun 2019.

Oleh karena itu, Risal mengatakan, pihaknya telah menyiapkan total kapasitas angkut 8,77 juta pemudik yang menggunakan kereta api.


"Ini akan meningkatkan cukup tajam menuju hari Lebaran nanti. Untuk kereta api jarak jauh hampir 1,52 juta terjual dari H-10 sampai masa Lebaran. (Untuk) kereta eksekutif masih ada 40% lagi," jelas Risal

Ia berharap kapasitas angkut yang disediakan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik.


"Kami imbau masyarakat untuk memanfaatkan kapasitas yang masih ada. Kalau (pesan tiket) di hari puncak itu sudah 100% terjual," pungkas Risal.


0 Komentar

Posting Komentar