Pangkalan SD N 3 Pasinggangan Gelar Perkemahan Perjusa

 

HARIANMERDEKA.ID, Banyumas-Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) digelar pangkalan SD N 3 Pasinggangan Kwartir Ranting Banyumas, jumat-Sabtu, 17-18 Maret 2023.

Sebanyak 70 pramuka penggalang kelas 4,5, dan 6, yang terdiri dari 33 penggalang putra dan 37 penggalang putri mengikuti kegiatan tersebut.

Pramuka penggalang tersebut dibagi dalam 3 regu putra, yaitu regu scorpio, kobra dan singa. Sementara penggalan putri dibagi dalam 4 regu, yaitu regu mawar, melati, sakura dan regu lavender.

Apel pembukaan dilaksanakan pukul 16.00 di dalam ruangan karena kondisi saat itu hujan. Namun itu tidak mengurangi semangat peserta perjusa.

Budi Setiyono, M.Pd, selaku kamabigus menyampaikan bahwa kegiatan perjusa adalah implementasi dari materi-materi yang sudah diberikan selama ekstra Pramuka.

"Pramuka tidak boleh malu. Pramuka adalah generasi muda yang kritis, pemberani, jujur, dan dapat dipercaya," tambahnya Jum'at (17/03).

Acara api unggun dilaksanakan pada malam harinya, yang diramaikan dengan pertunjukan dari tiap regu.

Keesokan harinya dilanjutkan kegiatan wide game. Dewan Kerja Ambalan ikut terlibat dalam kegiatan ini sebagai juri.

Sementara itu, Susanto, S.Pd mengatakan bahwa adik-adik DKR diperbantukan karena kurangnya personil pembina dalam kegiatan wide game.

Ada 7 pos yang harus dilalui oleh para Pramuka penggalang. Pos semaphore dan Morse dilakukan masal di halaman sekolah sebelum pemberangkatan. Kemudian peserta melanjutkan ke pos halang rintang, PBB, sandi kotak A, dan tali temali.

Revanda, salah satu anggota DKR mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus untuk adik-adik penggalang. 

"Kegiatan ini bersifat positif, produktif, dan aktif. Melatih kemandirian para adik penggalang dan kemampuan mereka dalam beregu.

Pukul 10.00 kegiatan perjusa ditutup dengan pengumuman regu tergiat. Tergiat putra diraih oleh regu scorpio dan tergiat putri diraih oleh regu melati.(***).

0 Komentar

Posting Komentar
HarianMerdeka Network mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.Kirim lewat WA Center: 085951756703
DMCA.com Protection Status