Tempat Ibadah di Banyumas Segara Dibuka Secara Bertahap

Bupati Banyumas Ir.Achmad Husein

HARIANMERDEKA.ID,Purwokerto-Pemerintah Kabupaten Banyumas berencana akan membuka tempat ibadah mulai bulan juni,hal tersebut dilakukan setelah ada  keputusan secara resmi,pembukaan tempat ibadah akan dilakukan secara bertahap  mengikuti perkembangan kasus Covid-19 di Banyumas.
Menurut Bupati Banyumas Achmad Husein, jika dalam beberapa hari kedepan tidak ada penambahan kasus yang signifikan,maka minggu kedua bulan juni,tempat ibadah mulai dibuka, namun dilakukan secara bertahap.
Lebih lanjut Bupati mengatakan, pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi terlebih dahulu dengan jajaran Forkompinda, serta para tokoh agama untuk membahas rencana pembukaan tempat ibadah lebih lanjut. Serta menyiapkan berbagai macam syarat atau ketentuan yang harus dijalankan, jika tempat ibadah sudah dibuka.
“Jadi meskipun dibuka, namun tetap ada pembatasan-pembatasan yang harus dipatuhi, termasuk ketentuan menggunakan masker dan sebagainya juga harus tetap dijalankan,” katanya.
Meskipun demikian, Achmad Husein akan menyerahkan keputusan tersebut kepada masing-masing camat dan itupun akan dilakukan setelah da kesepakatan terkait dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
  “Yang mengetahui secara lebih dekat kondisi tempat ibadah adalah camat dan disarankan juga camat untuk bermusyawarah dengan tokoh agama setempat,” tuturnya.
Rencana pemerintah Kabupaten Banyumas terkait pembukaan tempat ibadah,disambut baik masyarakat Banyumas.
Salah satu imam masjid di Sokaraja, Mahmudi mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana pembukaan tempat ibadah. Sebab, sebagian besar umat muslim sudah sangat ingin untuk shalat berjamaa di masjid.
“Dalam Islam, banyak sekali keutamaan untuk shalat berjamaah di masjid, misalnya pahala yang diperoleh berlipat kali lebih banyak daripada shalat sendirian di rumah, kemudian juga menjalin silaturahmi antarumat muslim dan lain-lain,” katanya.
Memakmurkan masjid juga menjadi tugas umat muslim. Sehingga jika situasi di tengah pandemi Covid-19 ini, sudah memungkinkan untuk membuka tempat ibadah, maka ia memastikan, seluruh umat muslim akan menyambut baik.
“Kita juga siap untuk melaksanakan semua persyaratan dan ketentuan yang diberikan pemerintah, misalnya menggunakan masker, harus mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk masjid, membatasi jumlah jamaah dan memberlakukan physical distanching, semua akan kita patuhi,” pungkasnya.


HarianMerdeka Network mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.Kirim lewat WA Center: 085951756703
DMCA.com Protection Status