Selama 3 Hari, 438 Preman Diamankan Polda Banten





 HARIANMERDEKA. ID, Serang-- Sedikitnya 438 orang telah diamankan Polda Banten dan jajaran dalam 3 (tiga) hari operasi premanisme di enam wilayah Polres/ta.


Operasi dilakukan siang dan malam hari di lokasi-lokasi yang disinyalir rawan pemalakan dan pungutan liar.


Kapolda Banten, Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H., M.B.A., mengatakan, operasi premanisme tersebut merupakan tindak lanjut instruksi Kapolri, Ungkapnya Senin,( 14/06) .


Sebelumnya Kapolri diperintahkan Presiden Jokowi membersihkan preman dan begal di kawasan Pelabuhan Samudera Tanjung Priok, Jakarta Utara dan jalan-jalan sekitarnya yang sering dilanda kemacetan.


"Kami segera melakukan pembersihan preman dan siapa pun yang mencoba-coba membuat resah di semua wilayah Banten," tegas Kapolda.


Melengkapi keterangan Kapolda, Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata, S.I.K., M.H. mengatakan, hasil operasi hari ketiga meliputi, dari wilayah:

1.  Polres Serang Kota: 33 orang 

2.  Polres Cilegon: 12 orang.

3. Polres Serang: 24 orang.

4. Polresta Tangerang: 41 orang

5. Polres Pandeglang: 8 orang

6. Polres Lebak: 36 orang.


Dua hari sebelumnya, diamankan sebanyak 284 orang dari wilayah hukum Polda Banten.


Total sampai hari ketiga, diamankan sebanyak 438 orang. "Tindakan yang diambil bervariasi, mulai dari pendataan, diserahkan ke dinas sosial, pembinaan sampai kepada penegakkan hukum jika ada yang melakukan pelanggaran," kata Kombes Edy. 


Tindakan pembinaan yang diambil yaitu berupa pendataan serta menyerahkan kepada dinas sosial sedangkan hingga saat ini belum ditemukan adanya pelanggaran hukum pidana, sehingga belum ada tindakan hukum.


Edy Sumardi menjelaskan bahwa pola operasi dengan mengedepankan Preventive Strike serta penegakan hukum bagi pelaku yang melanggar pidana. Operasi Premanisme ini dengan melibatkan sebanyak 359 Personil gabungan, yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Pemda serta masyarakat.


Tujuan dari kegiatan operasi penertiban ini adalah untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat serta terwujudnya kamtibmas yang kondusif di daerah hukum Polda Banten, ujar Edy Sumardi.


Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto Melalui Kabid Humas Kombes Edy Sumardi, menyampaikan pesan Kepada seluruh kapolres dan personil gabungan untuk menindak tegas pelaku premanisme dan tingkatkan preventif serta penegakan hukum dalam penanganan premanisme yang ada di seluruh wilayah hukum Polda Banten. 


Edy Sumardi Juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu melaporkan, mengadukan apabila menemukan aksi premanisme atau

kejanggalan apa pun yang dirasakan mengganggu dan menimbulkan keresahan, karena tidak ada ruang bagi premanisme di daerah hukum Polda Banten.


Ia mengimbau, masyarakat untuk melaporkan segera apa pun yang menganggu atau mengancam keselamatan warga melalui telepon gratis 110.


"Gunakan setiap saat 110, kami akan langsung merespon dengan menurunkan aparat," imbau Kombes Edy Sumardi.***(Aam)  

0 Komentar

Posting Komentar
HarianMerdeka Network mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.Kirim lewat WA Center: 085951756703
DMCA.com Protection Status