Peringatan HKG PKK Ke-50, Gerakan TP PKK Harus Semakin Membumi



HARIANMERDEKA. ID, Banyumas-Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Banyumas menggelar acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-50 secara hybrid, Rabu (08/03). 


Secara tatap muka kegiatan dipusatkan di Pendopo Sipanji Purwokerto, sedangkan secara virtual kegiatan diikuti oleh Kader TP PKK Tingkat Kecamatan dan Desa melalui aplikasi zoom meeting. Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Banyumas dan jajaran pejabat terkait, juga hadir Ketua Oraganisasi Wanita di Kabupaten Banyumas.


Adapun kegiatan yang mengusung tema Lima Puluh Tahun Gerakan PKK, “Berbakti Untuk Bangsa, Berbakti Untuk Sesama” tersebut, diawali dengan pembacaan sejarah Gerakan PKK di Indonesia oleh Wakil Ketua PKK Kabupaten Banyumas Ny Linawati Budhi Setiawan.


Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Setyawati Achmad Husein membacakan Sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian, mengatakan momentum Peringatan HKG PKK Ke-50 harus dijadikan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program. Dimana, dalam setiap program tersebut harus disesuaikan dan diselaraskan dengan program dan kebijakan pemerintah daerah, serta dalam penerapannya harus menggunakan pendekatan partisipatif dan kerjasama.


“Sejalan dengan makna gerakan maka gerakan pkk yang digerakkan harus lah bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan. Nuansa pembaharuan dalam gerakan PKK, jangan monoton dan harus ada keselarasaran gerak dengan kebijakan pemerintah,” kara Ny Erna Husein 


Agar seluruh program-program TP PKK dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran, lanjut Erna, diperlukan adanya penyesuaian managemen Kelembagaan Organisasi pada semua jenjang.


“Hal ini perlu saya sampaikan, karena kita semua tentu tidak menginginkan bahwa Hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021 hanya menjadi dokumen yang tersimpan di dalam lemari,” ungkapnya.


Oleh karena itu, Erna berharap, melalui Peringatan HKG PKK Ke-50 dapat menjadi titik awal untuk terus meningkatkan semangat pembaharuan, mengembangkan daya kreasi dan kreatifitas dalam pemberdayaan keluarga.


“Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, harus selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK,” harapnya.


Sementara Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, memasuki usianya yang ke-50 Tahun, banyak capaian yang telah diraih oleh TP PKK Kabupaten Banyumas sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah di bidang pemberdayaan perempuan.


“Capaian tersebut merupakan cermin dari suksesnya 10 program pokok PKK yang selama ini telah dijalankan, baik itu pada tingkat Kecamatan maupun Desa, sehingga mendorong juga suksesnya program pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera,” ucapnya.


Husein juga mengungkapkan, capaian yang dinilai berhasil antara lain penanganan KB, stunting, peningkatan pendapatan keluarga dan lain sebagainya.


“Buatlah kegiatan menjadi membumi yang dibutuhkan masyarakat, jadilah pelopor emansipasi wanita untuk persamaan gender pada setiap bidang pekerjaan, hingga terbangun keluarga sejahtera yang harmonis serta perempuan harus dapat mengambil peluang sekecil apapun untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” lanjut Husein


Tidak lupa, Bupati juga mengucapkan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50, Semoga momentum peringatan Hari Gerak PKK Ke-50 Tahun ini menjadi motivator bagi kita semua, khususnya kaum perempuan didalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.


Pada kesempatan ini TP PKK Kabupaten Banyumas menjalin kerjasama dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu terkait ijin usaha, Dinas Kesehatan terkait Ijin Rumah Tangga dan Dindukcapil terkait dengan administrasi kependudukan.


 Serta secara simbolis penyerahan bantuan peralatan untuk UMKM dan Penyandang Thalasemia, bantuan semabko untuk lansia, juga penyerahan KIA untuk anak-anak. Kegiatan tersebut telah dilaksanan dan masih berlanjut dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK Kabupaten Banyumas.

0 Komentar

Posting Komentar