Tingkatkan Minat Baca Siswa,Dinas Arpusda Banyumas Gelar Lomba Bercerita




HARIANMERDEKA.ID,Banyumas-Sebanyak 60 peserta pelajar SD/ MI se-Kabupaten Banyumas mengikuti lomba bercerita yang digelar oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Banyumas. 

Menurut Kepala Dimas Arpuda, Ahmad Supartono Lomba berlangsung dua tahap, tahap pertama peserta mengirimkan video setelah melalui penilaian terpilih 10 peserta  yang berhak mengikuti babak final untuk berkompetisi menjadi juara.

"Peserta yang mengirimkan video ceritanya ada sebanyak 60 pelajar, kita saring ada 10 peserta yang berhak mengikuti babak final dengan menampilkan cerita rakyat," kata  Achmad Supartono usai penyerahan penghargaan Selasa (10/05) di aula kantor setempat.

Achmad Supartono menambahkan para peserta terlihat sangat menguasai cerita dan menampilkan cerita dengan bagus serta menghayati cerita yang dibawakan.

Final lomba cerita ini juga dihadiri oleh Bunda Literasi Kabupaten Banyumas Ny Erna Sulistyawati. Menurutnya untuk bisa kreatif dalam bercerita, mereka akan memperbanyak membaca. 

"Khususnya dalam membaca pengetahuan tentang sejarah yang sesuai tema cerita rakyat hasil membaca, mereka juga akan mengetahui tentang budaya di Banyumas seperti legenda Curug Cipendok, dan lainya," katanya

Dengan lomba ini juga akan meningkatkan gemar membaca sejak anak-anak. Selain memahami tentang sejarah, mereka juga bisa memetik pelajaran dari cerita dan kondisi hidup dijaman dahulu dan sekarang

"Para pelajar juga bisa memanfaatkan koleksi di perpustakaan yang menyediakan koleksi buku-buku yang ada di Perpustakaan," tambahnya.

Dalam lomba ini panitia mendatangkan juri yaitu Dr Heru Kurniawan dari Universitas Islam Negeri Syaezu Purwokerto, Mulyadi Yulianto, S.Pt praktisi dan Dra Eko Sri Rahayu dari Universitas Muhamadyah Purwokerto. 

Sementara ITU, Dr Her Kurniawan mengatakan yang berhasil polos  menjadi juara Antara lain juara I Air Bravian Ideatama dari SDN 1 Kranji Purwokerto Timur,  juara II Zahwa Ramadani Saragih dari SDN 1 Tinggarjaya Jatilawang dan juara III Ananda Fairus Azam dari SDN 1 Kranji Purwokerto Timur. 

Sementara untuk juara harapan I Khofifah Nur Barokah dari SD Negeri Ledug Kembaran, juara harapan II Ery Septia Pradana SD Negeri 1 Rawaheng Wangon dan juara harapan III Asyfa Nindi Auliya SDN 4 Karangpucung Purwokerto Selatan.

0 Komentar

Posting Komentar