Ingin Mengenal Sejarah Banyumas, Siaga SDN 1 Kalisalak Berkunjung ke Pendopo Sipanji

 



HARIANMERDEKA. ID, Banyumas-Sebanyak 43 Pramuka Siaga dengan didampingi 6 Pembina dari Pangkalan SD Negeri 1 Kalisalak Kecamatan Kedungbanteng, berkunjung ke Pendopo Sipanji Purwokerto Rabu  (23/03). 


Kegiatan tersebut dalam rangka pengenalan sejarah Banyumas dengan cara belajar dan bermain.


Pendopo Sipanji Purwokerto menjadi tempat favorit, bagi anggota pramuka maupun siswa untuk melihat dari dekat keberadaan bangunan yang menjadi simbol Pemerintahan Kabupaten Banyumas. Dengan melihat langsung Pendopo Sipanji, para siaga dapat mengingat pelajaran Budaya Banyumas dan sejarah Pendopo Sipanji.


Kunjungan yang dilakukan oleh Siaga dan Pembina SDN 1 Kalisalak Kwarran Kedungbanteng, diterima oleh Pranata Humas Pemkab Banyumas, Parsito. Ia mendampingi pramuka siaga dalam kegiatan wisata siaga, dengan menveritakan sejarah pendopo sipanji, mengapa dipindah, kapan di pindah, siapa nama-nama Bupati dan lain sebagainya.


Ia juga menunjukan Saka Guru Sipanji itu yang berada di barat daya. Konon cerita, Saka Sipanji saat dipindah ke Purwokerto tidak boleh melewati sungai Serayu. Maka saat ada kegiatan napak tilas pindahan yang sering disebut “Rengos” yang di bawa dari Banyumas hanya 3 saka, karena 1 saka dianggap sudah dibawa lewat Tegal dan bertemu di Purwokerto dari arah barat.


Parsito juga menceritakan ada salah satu ruang yang bernana Ruang Joko Kaiman sebagai ruang tamu Bupati Banyumas. Artinya tidak semua orang masuk ruang itu, biasanya tamu bupati atau anak-anak yang akan mengikuti lomba tingkat propinsi maupun nasional diterima bupati diruang tersebut.


Ia memotivasi para pramuka siaga agar rajin belajar dan berprestasi. Nanti siapa tau bisa masuk ke Ruang Joko Kaiman, karena prestasinya menjadi duta Banyumas.


Meskipun siang ini terasa terik, pramuka siaga tetap semangat dan antusias mengikuti kegiatan wisata siaga dengan mengenal berberapa tempat yang ada disekitar pendopo, seperti Kantoe Bupati, Kantor Wakil Bupati, Kantor Sekda hingga gedung DPRD Kabupaten Banyumas.


Kepala Sekolah selaku Mabigus SDN 1 Kalisalak Supriyati S.Pd mengatakan kegiatan mengenal sejarah Bayumas dilakukan dengan susana gembira, belanjar sambil bermain. 

Selain ke Pendopo Sipanji ada bebarapa tempat tujuan wisata siaga yaitu Makam Makdum Wali, Musium Pangsar Sudirman, Musium BRI dan pengenalan Pasar Modern.


Pada wisata siaga ini, para orang tua dilarang untuk mengikuti, karena salah satu tujuan wisata adalah membentuk diri anak agar mandiri.***

0 Komentar

Posting Komentar